Menariknya Wisata Muara Gembong Bekasi

Wisata Muara Gembong Bekasi

Wisata Muara Gembong Bekasi. Waktu liburan adalah waktu yang ditunggu tunggu oleh sebagian besar orang. Tidak heran jika hari sabtu atau minggu tempat wisata selalu dipenuhi dengan orang yang ingin mengistirahatkan pikiran mereka sejenak. Wisata seperti pantai, museum, dan taman rekreasi lainnya menjadi tujuan utama para wisatawan baik lokal maupun internasional.

Di Jabodetabek sendiri, setiap kota hampir mempunyai daya tariknya masing-masing. Jakarta yang dikenal sebagai kota metropolitan, Bogor yang terkenal dengan wisata alam dan juga Tangerang yang begitu terkenal dengan wisata danau yang dimilikinya. Mungkin hanya Depok dan Bekasi yang tidak mempunyai trademark wisatanya masing-masing. Depok yang baru diresmikan menjadi kotamadya pada tahun 1999 ini mungkin wajar ketika ia baru mau membangun trademark wisatanya. Lalu, bagaimanakah dengan Bekasi?

Di Bekasi sendiri, terdapat sebuah daerah wisata yang cukup indah dan memiliki cukup banyak wisata di dalamnya yakni Wisata Muara Gembong di mana tempatnya berada di Kabupaten Bekasi. Daerah ini bisa ditempuh dengan waktu 2 jam dari pusat Kota Bekasi, tidak heran jika wisata ini memang sangat jarang terdengar namanya.

Akses Lokasi

Jika kalian berada di luar Bekasi, kalian harus menuju kota Bekasi terlebih dahulu, baik melalui jalan tol Jakarta – Cikampek ataupun jalan Arteri antar kota lainnya. Setelah itu, kalian bisa menuju ke jalan daerah seperti Jalan Karang Satria lalu Jalan Pasar Muara. Setelah itu kalian bisa mengikuti jalan utama sampai bertemu dengan Wisata Muara Gembong Bekasi.

Wisata yang Disediakan

Wisata Muara Gembong ini menyediakan beberapa jenis wisata yang cukup indah. Sebut saja yang cukup populer adalah Pantai Muara Gembong yang ada di utara Kec. Muara Gembong, Bekasi. Pantai ini terlihat masih asri dengan pasirnya yang masih bersih. Selain itu, jika di musim liburan atau akhir pekan, banyak sekali penjual makanan ringan ataupun berat yang bisa menemani kalian dalam bermain di pantai ini.

BACA JUGA : 7 Destinasi Wisata Paling Angker di Indonesia

Namun, ada juga wisata pantai lain yang letaknya tak jauh dari Pantai Muara Gembong, sebut saja wisata tersebut yakni Pantai Muara Beting. Secara administratif, pantai ini masih berada dalam daerah Kecamatan Muara Gembong. Namun, karena masih dalam pengembangan dari segi pariwisatanya, pantai ini belum menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Akan tetapi, masih ada Hutan Bakau seluas 70 hektar yang bisa menjadi pemandangan yang cukup indah dan menarik untuk dikunjungi.

Setelah adanya dua pantai yang sama indahnya, di daerah Wisata Muara Gembong ini juga terdapat wisata Mangrove yang cukup terkenal. Wisata ini bisa dijelajahi dengan menggunakan perahu. Suasana khas hutan bakau dibarengi dengan banyak nya satwa satwa yangakan menemani perjalanan tentu tidak akan membuat kalian bosan tentunya. Selain itu, kalian juga dapat hunting banyak foto selama menyusuri daerah Mangrove ini.

Usaha Pemerintah Daerah Setempat

Pada tahun 2020, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengeluarkan anggaran hingga 32 miliar untuk membangun Wisata Muara Gembong ini. Selain infrastruktur wisatanya, akses menuju setiap lokasi wisata juga akan menjadi perhatian. Karena hal ini akan membuat Wisata Muara Gembong akan semakin mudah dari sisi mobilitasnya. Dengan adanya hal ini, muara gembong akan dijadikan destinasi wisata yang berkualitas internasional dan mempunyai fasilitas lengkap.

Selain dari sisi pemerintah daerah yang mengembangkan potensi pariwisata ini, masyarakat setempat juga harus ikut andil dalam melestarikan setiap meter dari Wisata Muara Gembong ini. hal ini ditujukan agar Wisata ini mampu stabil, dan bertahan dalam waktu yang cukup lama.