Wisata Baturraden Purwokerto

Wisata Baturraden Purwokerto

Wisata Baturraden Purwokerto. Purwokerto pada tahun 2020 ini jauh berbeda dengan purwokerto pada masa lampau. Purwokerto di tahun ini, sudah memiliki pusat perbelanjaan yang megah, memiliki Universitas Ternama, memiliki akses yang mudah untuk dijangkau, dan memiliki daerah pariwisata yang berkembang pesat. Salah satu daerah yang menjadi andalan kota ini dalam menarik para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara adalah Baturraden.

Baturadden yang merupakan sebuah daerah di kaki Gunung Slamet menyimpan banyak sekali kekayaan alam. Pada beberapa tahun belakangan, daerah ini sangat difokuskan pemerintah daerah setempat dalam pembangunan wisatanya. Hal ini terkesan wajar, jika dilihat bahwa perbandingan Baturarden dengan daerah-daerah di sekitarnya dalam menarik wisatawan sangat jauh berbeda.

Akses Lokasi

Wisata Baturraden sendiri terletak sejauh 15km dari pusat kota Purwokerto. Daerah wisata ini dapat dilalui dengan jalur yang tidak terlalu padat. Untuk kalian yang tidak memiliki kendaraan pribadi, jangan khawatir, terdapat banyak angkutan umum ataupun taksi yang bisa digunakan dalam mengakses daerah wisata ini. Akan tetapi, bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi, harap berhati-hati, Karena kemiringan jalan di daerah ini mencapai 30 derajat.

Destinasi Wisata Menarik

Dengan mengusung konsep daerah pariwisata yang hampir sama dengan Puncak Bogor, yaitu dengan mengandalkan kekayaan alam ditambah dengan fasilitas yang cukup lengkap membuat daya tarik tersendiri dimata pada wisatawan.

Kebun Raya Baturraden menjadi salah satu destinasi di daerah Wisata Baturraden yang wajib kalian kunjungi jika sedang mempunyai waktu luang. Disini terdapat banyak sekali koleksi tumbuhan langka. Tumbuhan ini dikelompokan dalam beberapa taman, seperti Liana, Bergetah Putih, sampai dengan Flora of Java. Selain koleksi tumbuhan langka, di Kebun Raya Baturraden juga terdapat wahana permainan anak anak, sehingga sangat cocok jika daerah ini dijadikan tempat rekreasi keluarga.

BACA JUGA : Destinasi Wisata Eksotis di Korea Selatan

Selain dengan Kebun Rayanya, daerah ini juga terkenal dengan wisata airnya. Berbagai macam curug, goa, hingga pancuran banyak kalian temui di daerah Wisata Baturraden. Telaga sunyi dan Sandeng Bidadari menjadi yang terdepan dalam hal ini. Dengan berbagai keindahan alam yang diolah dengan cukup baik, tidak heran jika destinasi ini selalu ramai ketika musim liburan atau akhir pekan tiba.

Untuk kalian yang suka mendaki, daerah Wisata Baturraden juga memiliki Gunung yang sangat digemari oleh banyak pendaki-pendaki diseluruh Indonesia. Yaitu, Gunung Slamet. Gunung ini memiliki ketinggian 3428 mdpl, yang merupakan gunung tertinggi kedua setelah Gunung Semeru. Sehingga untuk kalian yang masih pemula dalam pendakian, Gunung Slamet bukan salah satu tujuan yang tepat.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi destinasi – destinasi yang bisa kalian kunjungi saat berada di Purwokerto. Diantaranya ada The Village, berbagai macam coffe shop untuk bersantai, hingga Lokawisata Baturraden yang tidak kalah indah tentunya.

Harga Tiket Masuk

Salah satu hal yang menjadi keunggulan dari daerah Wisata Baturraden ini adalah sangat terjangkaunya tiket masuk yang diberikan kepada para pengunjung. Rata-Rata destinasi destinasi diatas hanya membutuhkan 4 ribu – 30 ribu untuk menikmati keindahan alam yang disajikan oleh daerah ini.

Sebagai contoh, Anda hanya perlu membayar Rp 13.000 agar dapat masuk dan menjelajahi daerah ini atau Sendang bidadari yang membayar cukup dengan Rp 3.000 per orangnya. Namun, beberapa destinasi di Wisata Baturraden dipatok dengan harga yang lebih mahal karena memang sejalan dengan mahalnya biaya operasional dan perawatan fasilitas.