Kupas Habis Keindahan Gua Pindul Yogyakarta

Keindahan Goa Pindul Yogyakarta

Kupas Habis Keindahan Gua Pindul Yogyakarta – Yogyakarta menjadi salah satu kota dengan banyak tujuan wisata untuk dikunjungi. Kota yang terkenal dengan Kraton Jogja ini memang sudah tidak diragukan lagi wisatanya, bahkan tidak jarang turis mancanegara yang sedang berlibur di Indonesia singgah ke kota Jogja ini.

Banyaknya tempat wisata yang menjadi ikon bagi Yogyakarta, membuat banyak wisatawan kebingungan. Namun, tidak usah khawatir karena semua tempat wisata di Jogja ini dapat dikunjungi kapan saja. Salah satunya adalah Gua Pindul.

Gua pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Pindul ini sendiri sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Bersaing dengan Pantai Baron dan Gua Jomblang tidak menjadikan Gua Pindul sepi pengunjung, karena keindahan Gua Pindul mempunyai ciri khas sendiri dari tempat wisata lainnya.

Gua Pindul termasuk kedalam objek wisata alam kapur yang di dalamnya terdapat aliran sungai bawah tanah yang panjangnya dari awal gua hingga titik ujung gua itu sendiri. Diresmikan pada tahun 2010 dengan panjang gua sekitar 350 meter dan lebar 5 meter, sedangkan kedalaman dari gua ini adalah 5 sampai 12 meter yang bergantung pada intensitas curah hujan.

Pesona Keindahan Gua Pindul

Ciri khas yang menjadi keunikan dari Gua Pindul ini adalah keadaan gua yang gelap, namun terlihat kilauan air yang memancar dari sungai yang mengisi gua. Hal ini menjadikan keindahan Gua Pindul semakin terpancar. Air di dalam gua adalah air yang berasal dari mata air yang dinamakan Gedong Tujuh.

Uniknya lagi, ketika musim kemarau air sungai yang berada di dalam Gua Pindul ini tidak mengalami kekeringan. Hanya saja, ketika musim hujan tiba Gua Pindul akan ditutup karena intensitas air yang tinggi. Di gua ini juga dipisahkan oleh 3 zona, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap.

BACA JUGA : 10 Destinasi Wisata Untuk Berseluncur

Zona terang adalah zona dimana gua masih tersinari oleh sinar dari luar gua. Sehingga wisatawan masih bisa merasakan keindahan Gua Pindul dari dalam. Pada zona ini, pengunjung masih diperbolehkan berenang hingga menangkap ikan. Zona yang kedua dinamakan zona remang, pada zona ini cahaya sudah mulai pudar. Hanya pantulan kilauan cahaya dari dinding yang memancar dan menciptakan cahaya remang-remang yang indah.

Zona terakhir adalah zona gelap, dimana pada zona ini kondisi gua sangat gelap tanpa cahaya. Namun, tidak usah khawatir karena para tour guide akan memberikan penerangan bagi pengunjung. Setelah melewati 3 zona tadi, pengunjung akan langsung sampai ke ujung gua dimana membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Keindahan Gua Pindul Yogyakarta

Jika kamu mengunjungi Gua Pindul, bagian yang tidak boleh dilewatkan adalah bagian tengah gua. Dimana pada bagian tengah ini terdapat lubang yang cukup besar di atas gua yang menyita perhatian. Sinar matahari yang masuk ke dalam gua melalui lubang ini menciptakan keindahan Gua Pindul semakin nyata. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai “Matahari Terbalik” karena bentuk lubangnya yang unik.

Sebenarnya wisata Gua Pindul ini sama dengan gua-gua yang lainnya, namun yang membedakan gua pindul dengan gua yang lain adalah stalaktit dan stalagmit yang memukau dan telah berumur ribuan tahun sehingga memiliki bentuk yang besar dan unik. Selain itu, ada juga keindahan lukisan ornamen pada setiap dinding gua. Wahh, keren bukan?

Itulah beberapa informasi mengenai Keindahan Gua Pindul. Semoga dapat membantu kamu yang sedang kebingungan menentukan tujuan wisata di Yogyakarta.